Halaman

Jumat, 29 April 2011

Cegah Flu

Tips Sehat : Cegah Flu


Flu atau influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Sifatnya mudah menyebar dan menular kepada siapapun. Beberapa gejala umum seperti badan menggigil, meriang, radang tenggorokan, nyeri otot, pusing, batuk, badan lesu, dan hal lain yang membuat badan terasa tidak nyaman menjadi indikasi khas bagi penderita flu.

Penyakit flu seringkali disepelekan, padahal efeknya dapat sangat mengganggu aktifitas Anda sehari-hari. Oleh karena itulah tidak ada salahnya memperhatikan hal-hal berikut ini untuk mencegah flu agar tidak merusak kinerja Anda.
  1. Cuci tangan Anda dengan sabun atau cairan antiseptik sesering mungkin. Terutama sebelum dan sesudah makan, setiap selesai beraktifitas, setiap menyentuh sarana umum, dan sebagainya.
  2. Ketika bersin atau batuk, jangan menutup mulut dengan tangan. Lebih baik gunakan tisu atau saputangan untuk menutupinya. Atau lekukan lengan Anda dan bersin di dalam lekukan siku Anda tersebut.
  3. Hindari menyentuh bagian wajah, hidung, mulut, mata dengan tangan Anda. meski sudah dicuci pun terkadang masih ada bakteri yang tersisa.
  4. Minum air putih sebanyak mungkin. Air akan menjagamu dari dehidrasi dan mampu mengeluarkan racun-racun dari tubuh.
  5. Perbanyak waktu beristirahat. Terutama jika badan mulai terasa lemas. Jangan paksa diri Anda terlalu lelah.
  6. Konsumsi buah-buahan dan sayuran berwarna hijau, merah dan kuning. Mereka dipercaya mengandung phytochemicals. Selain itu, konsumsilah yoghurt setiap hari, karena yoghurt dipercaya dapat meningkatkan system kekebalan tubuh.
  7. Jika badan terasa tidak fit, ada baiknya hindari kontak dengan penderita flu lainnya. Jika terpaksa, seringlah mencuci tangan.
  8. Minum suplemen multivitamin setiap hari untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda. Ada baiknya konsultasikan ke dokter multivitamin yang sesuai untuk Anda.
  9. Vaksin anti flu juga dapat menjadi pilihan untuk menghindari penyakit flu ini. Tanyakan kepada dokter ahli mengenai vaksin tersebut.

Tidak usah terlalu khawatir berlebihan memang. Nyatanya penyakit flu dapat terjadi pada siapa dan kapan saja. Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mencegah dan mengurangi frekuensi penyakit flu ini. Lebih baik mencegah daripada mengobati
www.lovelytoday.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar