Halaman

Senin, 28 Agustus 2017

TESSO MADU ASLI

TERNYATA!!! MADU YG MENGKRISTAL ADALAH  MADU DENGAN KUALITAS TINGGI.

Ini madu tesso nilo nya knp yahh kok begini 😂😂
Baru aja buka madu tesso nilo ini masih segelan stoknya kynya belinya 2-3bulan lalu, disimpen di suhu normal, gak pernah masuk kulkas, tau tau dibuka ada gumpalan seperti gula yg terkristal banyak bgt diatasnyaa 😂😂

Padahal baik digunakan sampe Januari 2019

EITH...
Jangan berpikiran negatif dulu...
Ini penjelasan kenapa madu mengkristal.

Madu mengandung konsentrasi gula yang tinggi, dengan lebih dari 70% gula dan sekitar 20% air. Ini berarti air di dalam madu harus mengikat gula lebih banyak daripada biasanya. Tingginya kadar gula di dalam madu membuat madu menjadi tidak stabil.

Kandungan gula utama di dalam madu adalah fruktosa dan glukosa. Kadar keduanya di dalam madu tergantung dari nektar sumber tanaman. Yang menyebabkan terjadinya kristalisasi adalah glukosa, karena memiliki kelarutan yang lebih rendah. Fruktosa lebih larut dalam air daripada glukosa. Ketika glukosa mengkristal, ia akan terpisah dari air dan membentuk kristal tipis. Pembentukan kristal glukosa pada madu berbeda pada tiap jenis madu. Semakin cepat kristal terbentuk, semakin halus teksturnya.

Kristalisasi madu juga dipengaruhi oleh keberadaan partikel-partikel yang terkandung di dalam madu, seperti kristal polen, propolis dan serpihan lilin lebah. Partikel-pertikel tersebut bertindak sebagai inti dari pembentukan kristal madu. Madu yang tidak dipanaskan dan tidak disaring mengandung sedikit lilin lebah, polen dan propolis, akan lebih cepat membentuk kristal.

Copas dr Upline :-)

Penulis kutip dari https://buff.ly/2wHrGT9 sebenarnya pertanda madu berkualitas tinggi salah satunya adalah mengkristalnya madu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar