Halaman

Kamis, 12 Juli 2012

Sudahkah Anda minum susu hari ini?

Susu, Minuman Paling Bergizi di Seluruh Dunia
Susu adalah jenis makanan yang mendekati sempurna.


Sudahkah Anda minum susu hari ini?  

VIVAlife- Sudahkah Anda dan keluarga minum susu hari ini? Jangan pernah sepelekan nutrisi yang terkandung dalam minuman satu ini. Seorang penulis buku tentang kesehatan dan nutrisi, Nirmala Devi mengungkapkan bahwa susu adalah jenis makanan yang mendekati sempurna dan paling bergizi di seluruh dunia.

Satu gelas susu, mengandung 15 vitamin dan nutrisi penting, protein setara satu butir telur, karbohidrat yang setara dengan seperempat cangkir beras serta kalsium yang setara dengan enam belas cangkir bayam.

“Konsumsi susu secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan," ujar Devi yang juga berprofesi sebagai Nutrition Manager PT Fonterra Brands Indonesia.

Ia juga memastikan jika anak mengonsumsi susu dengan rutin, bisa mendapatkan jumlah vitamin dan mineral penting yang tepat sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan mereka. Susu juga diketahui sebagai sumber protein non-lemak yang dibutuhkan tubuh untuk membangun otot, memperbaiki jaringan dan mencegah infeksi.

Tidak seperti menuman sehat lainnya, susu juga menawarkan sejumlah manfaat yang belum banyak diketahui umum. Beberapa penelitian menemukan bahwa asupan kalsium tinggi dari susu dan produk olahannya bahkan dapat membantu mengontrol berat badan seseorang, dan mengonsumsi keju dapat mencegah kerusakan gigi.

Untuk itu, penting rasanya untuk Anda menyimak soal 5 hal yang mungkin belum Anda ketahui tentang susu dan produk olahannya:

· Makan keju dapat membantu mencegah kerusakan gigi

· Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Segelas susu berisi sekitar   seperempat dari kebutuhan kalsium seseorang sehari-hari atau setara dengan empat   cangkir brokoli dan 16 cangkir bayam.

· Para peneliti telah menemukan bahwa minum susu dapat membantu menjaga berat   badan. Tiga porsi susu dalam program diet kalori terkontrol dapat membantu   mengurangi berat badan.

· Mengandung sembilan asam amino penting, tidak dapat dibantah bahwa susu adalah   sumber protein yang sempurna. Tapi tahukah Anda bahwa triptofan - salah satu dari   sembilan asam amino - sesungguhnya dapat mengatasi kesulitan tidur?

· Menyukai makanan pedas tapi tidak tahan dengan rasa panas yang ditimbulkan   setelah itu? Susu bisa menjadi solusinya. Susu dan produk olahannya mengandung   kasein yang dapat membantu meredakan rasa panas tersebut.

Lutfi Dwi Puji Astuti 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar