Halaman

Jumat, 25 Mei 2012

Manfaat Murbei bagi Kesehatan


(ini namanya Murbei toh, baru tau, padahal murbei ini banyak tumbuh dikampungku, tepatnya dibelakang rumah dulunya, tapi sekarang sudah tidak ada lagi. setelah mendapat artikel ini, pengen melestarikannya lagi, dikampungku biasanya ini digunakan jadi pagar diladang alias parbalokan hehehe.. hehehe).


Manfaat Murbei untuk kesehatan. Daun murbei selama ini kita kenal sebagai pakan ulat sutra dan buahnya mungkin jarang dimakan walaupun buah murbei ini apabila matang rasanya manis. Sebenarnya menurut beberapa penelitian tanaman murbei mempunyai beberapa khasiat.

Khusus untuk daun murbei, didalam daun murbei terdapat zat ekstrak kimia untuk tubuh seperti ecdysterone, inokosterone, lupeol, betasitosterol, rutin, moracetin, isoquersetin, scopoletin, scopolin, alfa, betahexenal, cis beta hexenol, cis lamda hexenol, benzaidehide, eugenol, lanaloolbenzyl alcohol, butylamine, acetone, trigonelline, cholin, adenine, copper, zinc, vitamin (a, b1, c dan karoten) dan asam amino, clorogenik, fumarat, folat, dan asam formyltetrahydrofolik, mioinositol dan phytoestrogens.

Salah satu khasiat daun murbei adalah untuk meredakan tekanan darah tinggi. Anda bisa mencobanya ambil daun murbei segar 15 gr, cuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin disaring dan bagi jadi 2 kali minum (pagi dan sore)

Untuk buahnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti meredakan demam, flu, malaria, batuk, rematik, darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes mellitus), kaki gaja (elephantiasis), radang mata merah (conjunctivitis acute), perbanyak ASI, keringat malam, muntah darah, batuk darah, batuk berdahak, kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia)

sumber www.sandaljepit.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar