Halaman

Rabu, 02 Oktober 2013

Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Manfaat Terong Bagi Kesehatan

 
sedaapp
Ladies, masih percaya akan mitos ?? Sering kali dihindari oleh kebanyakan orang untuk mengkonsumsi sayuran ini, TERONG, buah yang digolongkan sebagai sayuran ini acapkali tidak boleh dimakan dengan alasan akan menurunkan stamina bagi kaum pria. Semua adalah mitos belaka karena terong memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.
Sehatcantik mengajak untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai sayuran yang kaya akan manfaat ini. Terong dengan nama ilmiah Solanum melongena adalah salah satu sayuran yang bernutrisi tinggi. Tumbuhan ini buahnya berwarna ungu dan putih, bentuknya seperti telur dan lonjong dan dibudidayakan untuk pertama kalinya di India dan China.

Manfaat Terung Bagi Kesehatan
Kayanya kandungan vitamin dan mineral serta zat-zat bermanfaat lainnya yang terdapat dalam sebuah terong, diantaranya adalah :
1. Scopoletin
Zat ini dipercaya mempunyai manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, menjaga ketegangan otot, menghambat perkembangan sel-sel kanker. Scopoletin juga berfungsi bagi penghambat hepatik lipid peroxidation dan aktivitas antioksidan, superoksida dismutase meningkat dan katalase. Beberapa penelitian menyarankan bahwa scopoletin mungkin menguntungkan orang-orang beresiko tinggi kolesterol, trigliserida dan kadar glucose. Scoparone, hasil ini menunjukkan bahwa scoparone melindungi terhadap beberapa perubahan plasma lipoprotein, vaskular morfologi dan diabetes hyperlipidaemic.

2. Terong juga mengandung fitonutrien seperti asam nasunin dan chlorogenic. Nasunin hadir dalam terong mempertahankan lemak dan lipid lainnya di dalam membran sel otak teroksidasi. Asam chlorogenic dikenal mempunyai kandungan antimutagenic, antimikroba, antiviral dan anti LDL.

3. Asam clorogenat pada terong memiliki aktivitas untuk mencegah kanker, antivirus, dan antinarcotics, meningkatkan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin yang mengatur gula darah.
4. Tingginya vitamin E pada buah terung dapat mengurangi tingkat kolesterol dan mencegah penuaan dini pada manusia.
5. Terong juga mengandung kalium yang tinggi (217 mg/100 gram) sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi mengurangi hipertensi. Selain itu, serat tinggi, beta karoten dan anti oksidan yang terkandung dalam buah terong sangat membantu mengurangi risiko stroke dan hipertensi sekaligus meningkatkan libido.

6. Terong juga mengandung kadar solasodin tinggi yang efektif digunakan sebagai alat kontrasepsi dan meningkatkan libido.
7. Terong adalah sumber yang sangat baik dari protein dan diet serat. Nutrisi penting lainnya yang ada dalam terong termasuk kalium, mangan, tembaga dan vitamin B1. Selain itu terung juga vitamin B6, folat, magnesium, dan niasin.

8. Kaya akan kandungan tembaga, mangan, fosfor, magnesium, niasin dan asam folat. Disamping itu, solanin yang terkandung dalam makanan dapat menghilangkan tumor dalam sistem pencernaan seperti mencegah dan mengobati kanker lambung, penyakit jantung koroner dan arteriosklerosis.

9. Selain itu, terong dapat mempercepat metabolisme, memperkuat kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan aktivitas sel-sel kulit bagi kita.
10. Terong ini juga berguna dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular dalam jantung pasien.
Ternyata terong sangatlah berguna bagi kesehatan tubuh kita, jadi tidak mengapa bukan mulai sekarang mengkonsumsi terung ?

sumber :http://sehatcantik.co.id/kesehatan/manfaat-terong-bagi-kesehatan.html#_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar