Halaman

Sabtu, 27 Oktober 2012

Manfaat Bayam

Manfaat Buah Bayam

♥ Manfaat Vitamin A pada bayam
Vitamin A yang berupa retinal akan menyatu dengan opsin (suatu protein) dan membentuk rhodopsin, yang merupakan pigmen penglihatan. Vitamin A juga dapat membantu limposit yaitu salah satu tipe sel darah putih yang fungsinya agar lebih efektif untuk melawan infeksi atau antibody. Selain itu juga berguna untuk memelihara kesehatan pada sel-sel epitel yang terdapat pada saluran pernapasan. Khasita lainnya adalah untuk memicu pertumbuhan. kemudian untuk menangkal radikal bebas serta untuk membentuk dan juga memelihara pertumbuhan pada tulang serta gigi. Manfaat lainnya adalah ntuk menjaga kesehatan pada kulit dan rambut. Disamping itu juga untuk mendukung proses reproduksi.

♥ Manfaat Vitamin C Pada Bayam
Kandungan vitamin C pada bayam jika dalam jumlah yang tepat dan teratur, memiliki khasiat untuk menghambat terjadinya proses penuaan dini, juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit, serta untuk menghambat kinerja enzim tirosinase yaitu enzim yang tugasnya untuk membantu pembentukan pigmen pada kulit. Apabila proses pigmentasi ini terhambat maka kulit pun akan tampak terlihat lebih bersih serta cerah.

♥ Manfaat Khasiat Vitamin E Pada Bayam
Vitamin E ini berkhasiat sebagai vitamin antioksidan yang manfaatnya untuk melindungi terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh akibat terjadinya radikal bebas. Fungsinya adalah untuk mengurangi resiko jika terjadi pembekuan darah, untuk mencairkan darah beku, untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, untuk menguatkan dinding yang ada pada pembuluh darah kapiler, untuk meningkatkan pembentukan sel-sel darah merah, untuk mengurangi kadar zat gula darah, berkahsiat juga untuk memperbaiki kerja insulin, dan untuk meningkatkan kekuatan otot serta stamina.



♥ Kandungan Zat Besi Pada Sayur Bayam
Zat besi memiliki peran sangat vital bagi tubuh manusaia. Salah satu fungsi yang utama adalah sebagai transportasi ketika mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu zat besi juga dapat berperan untuk memproduksi hemoglobin dan untuk menyokong sistem kekebalan pada tubuh manusaia. Jadi apabila tubuh manusia kekurangan zat besi, akan mudah kena resiko terserang penyakit.

♥ Zat mineral Pada Bayam
Zat mineral yang terdapat pada sayur bayam sangat bermanfaat untuk membangun tulang dan juga gigi, impul saraf, untuk kinerja jantung, serta sebagai pembekuan darah yang benar. Juga untuk mendukung struktur tulang, hati, untuk menjaga keseimbangan alkalin pada tubuh. untuk menjaga keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh, serta impul saraf. Selain itu juga untuk memaksimalkan membran sel, sangat penting untuk ritme jantung.

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Dan KebugaranTubuh

Khasiat dan manfaat bayam untuk anda sebagai bahan pengetahuan

Bayam ( Amaranthus spp) adalah tumbuhan sayuran yang banyak dikonsumsi terutama daunnya sebagai sayuran hijau.Tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ini dikenal sebagai tanaman sayur hanya di wilayah asia timur dan asia tenggara sehingga di kenal juga dengan nama Chinese amaranth.

Tanaman Bayam memiliki kandungan zat besi yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Tanaman ini tumbuh baik di wilayah beriklim hangat dan memiliki cahaya kuat. Bayam merupakan salah satu tanaman yang relatif tahan terhadap pencahayaan lansung karena termasuk tumbuhan C4.

Ciri-ciri umum dari tanaman bayam yaitu memiliki batang yang mengandung air dan kurang berkayu, daun bertangkai, bentuk daun bulat telur, lemas, warna merah, hijau, atau hijau keputihan. Bunga bayam tersusun majemuk bertipe tukal yang rapat. Tanaman ini memiliki biji berwarna hitam dan keras.
Klasifikasi Tanaman Bayam :

Kingdom :
Plantae
Divisio
:
Magnoliophyta
Class
:
Magnoliopsida
Ordo
:
Caryophyllales
Family : Amaranthaceae
Upfamily : Amaranthoidoae
Genus : Amaranthus L
(Bandini,Y., 2001).

Kandungan Bayam
Kandungan zat nutrisi pada tanaman bayam dalam per 100 gram porsi bayam adalah :
Kandungan Bayam
Berat
Air
91.58 g
Energi
22 kcal
Protein
2.86 g
Total lemak
0.35 g
Karbohidrat
3.5 g
Serat
2.7 g
Ampas
1.72 g
Mineral
Kalsium
99 mg
Besi
2.71 mg
Magnesium
79 mg
Phosphor
49 mg
Potassium
558 mg
Sodium
79 mg
Seng
0.53 mg
Tembaga
0.13 mg
Mangan
0.897 mg
Vitamin
Vitamin C
28.1 mg
Thiamin
0.078 mg
Riboflavin
0.189 mg
Niacin
0.724 mg
Asam pantothenic
0.065 mg
Vitamin B-6
0.195
Folate
194.4 mcg
Vitamin B-12
0 mcg
Vitamin A
672 mcg
Vitamin E
1.89 mg
sumber asiamaya.com

Beberapa manfaat bayam antara lain sebagai berikut :
  • Zat yang  terkandung dalam bayam yaitu vitamin C ,vitamin A, serat,asam folat dan 13 flavonoid berkhasiat menurunkan resiko kanker pada tubuh sebesar 34 %.
  • Sifat alkalinitas yang terkandung dalam bayam cukup tinggi. Hal ini menjadikan bayam baik dikonsumsi oleh para penderita penyakit inflamasi, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.
  • Memiliki kandungan folat yang baik. Zat ini berguna untuk mengurangi homosistein, asam amino yang terdapat dalam darah. Kandungan homosistein yang tinggi dalam darah, bisa menyebabkan resiko jantung yang tinggi. Folat juga dapat  membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu pelemasan pembuluh darah.Zat lain yang terkandung dalam bayam yang memiliki fungsi sama dengan folat yaitu inositol dan choline, Kedua zat ini juga dapat membantu mencegah pengerasan pada pembuluh darah.
  • Kandungan kalium tinggi dan sodium rendah dalam bayam sangat bermanfaat untuk orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi.
  • Bayam mengandung vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk mencegah tulang keropos. Seng, Magnesium, Fosfor dan Tembaga. Adalah mineral yang terkandung dalam bayam yang berfungsi untuk menguatkan tulang
  • Magnesium yang terkandung dalam bayam dapat membantu pencegahan komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Dengan menkonsumsi bayam secara rutin, dapat membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh  dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.
  • Kandungan Zat besi dalam bayam dapat membantu memperbanyak sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.
  • Vitamin A yang terkandung dalam bayam bermanfaat untuk memelihara mata agar tetap sehat. Selain itu, bayam juga dikenal sebagai sumber lutein, karotenoid. Zat ini dapat membantu melindungi mata dari penyakit katarak.
  • Sari bayam sangat baik untuk mencegah penyakit gusi karena mengandung banyak garam oksalat.
Manfaat bayam lainnya yaitu memberikan kontribusi pembentukan kekuatan pada otot. Zat yang berperan yaitu zat besi dan zat nitrat ( berdasarkan penelitian yang dilakukan institute Karolinska Swedia)

Laporan dari situs Dailymail (26/6).menyebutkan bahwa penelitian dilakukan selama tujuh hari dengan memberikan bayam dan nitrat kepada sekelompok tikus sebagai media uji coba, dimana jumlah nitrat yang diberikan setara dengan porsi manusia, yaitu sekitar 200-250 gram bayam sehari. Setelah tujuh hari penelitian, didapatkan hasil bahwa tikus yang diberikan nitrat dan bayam memiliki kekuatan otot lebih besar. Dari hasil penelitian ini juga, peneliti menemukan bahwa nitrat dapat membantu peningkatan jumlah dua protein yang terdapat secara alami pada otot , yang digunakan untuk menyimpan dan melepaskan kalsium, yang sangat penting untuk membuat otot berkontraksi. Selanjutnya, peningkatan protein akan membantu dalam pelepasan kalsium yang lebih tinggi pada otot dalam berkontraksi.

Manfaat bayam untuk meningkatkan kesuburan Pasutri

Beberapa zat yang terkandung dalam bayam yang baik untuk meningkatkan kesuburan antara lain :
  1. Dalam tanaman bayam, terkandung vitamin E, Vitamin ini mampu membantu memproduksi hormone seks dalam tubuh  perempuan dan laki-laki.
  2. Bayam memiliki kandungan mangan. Zat ini berfungsi memfasilitasi produksi estrogen hormon pada perempuan.
  3. Terdapat kandungan seng yang dapat menjaga kualitas libido dan produksi sperma pada pria.
Sumber tulisan :
  1. id.wikipedia.org/wiki/bayam
  2. repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20808/4/Chapter%20II.pdf
  3. suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2012/02/07/715/Sembilan-Khasiat-Bayam-untuk-Kesehatan
  4. metrotvnews.com/read/news/2012/07/29/100208/Benar-juga-Bayam-Bikin-Kuat-Otot/11
  5. solopos.com/2012/lifestyle/kesehatan/obat-herbal-bayam-bisa-tingkatkan-kesuburan-197712

Tidak ada komentar:

Posting Komentar