Halaman

Rabu, 21 Maret 2012

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan. Jeruk telah lama dikenal sebagai buah deangan rasa segar yang sangat kaya akan vitamain dan mineral.Sayangnya manfaat dari buah jeruk hanya dikenal sebagai sumber vitamin C saja. Padahal buah jeruk juga banyak mengandung gizi lainnya yang terdiri dari karbohidrat, potasium, folat, kalsium, thiamin, niacin, vitamin B6, fosfor, magnesium, tembaga, riboflavin, asam pantotenat, dan senyawa fitokimia.
Karbohidrat (istilah lain yang dikenal dengan serat makanan) sangat baik untuk kesehatan. Serat makanan ini akan mengikat zat gizi di dalam tubuh manusia, sehingga dapat membantu memperlambatb proses pengosongan lambung serta proses pencernaan dan penyerapan. Karbohidrat juga membantu menurunkan kadar kolestrol dengan cara mengganggu proses reabsorpsi asam empedu.
Vitamin yang paling dikenal dalam buah jeruk adalah vitamin C. Hasil penelitian terbaru menunjukan bahwa vitamin C daapt mencegah kenaikan LDL reroksida(faktor penyebab berkembangnya penyakit jantung). Selain itu, vitamin C yang terdapat dalam buah-buahan termasuk jeruk dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap kanker.
Buah jeruk yang kaya akan vitamin C, juga dapat memberikan efek pencegahan dan penyembuhan terhadap penyakit seperti perngeroposan tulang, asma, gangguan fungsi kognitif dan batu ginjal. Tetapi sayangnya masih diperlukan riset lebih lanjut untuk membuktikannya.
Vitamin esensial larut air lainnya yang terkandung dalam jeruk adalah folat. Vitamin ini membantu produksi DNA dan RNA serta pematangan sel-sel darah merah, yang pada akhirnya dapat mencegah anemia. Selain itu jeruk juga mengandung beberapa jenis mineral, salah satunya adalah potasium. Mineral esensial ini berperan memelihara keseimbangan asam dan air dalam tubuh dan menjaga tekanan darah normal.
Selain buah jeruk, tentunya kita juga mengenal jeruk nipis yang berbentuk bulat, kecil, kulit luarnya nampak kehijauan dan rasanya asam namun menyegarkan. Nah di sini saya juga akan membahas tentang manfaat jeruk nipis. Tentunya ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh jeruk nipis ini. Buah jeruk merupakan sumber yang kaya akan vitamin C, namun untuk buah yang satu ini ternyata tidak hanya kaya akan vitamin C tetapi juga zat-zat lain yang menyebabkan buah ini banyak digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit maupun untuk kecantikan.Nah ane akan membahas manfaatnya satu persatu.
Menurut catatan sejarah, buah jeruk (Citrus sp) berasal dari Asia, daratan Cina dipercaya sebagai tempat pertama kali tumbuh. Kini buah jeruk hampir tersebar luas keseluruh belahan bumi dan menjadi salah satu buah yang sangat popular.
Varietas jeruk sangat banyak, masing-masing jenis mempunyai karakteristik yang berbeda. Golongan jeruk manis biasanya dimakan segar sebagai buah meja, untuk yang bercitarasa asam lebih cocok dijadikan juice. Beberapa jenis hanya dimanfaatkan kulitnya sebagai bumbu masakan. Berikut aneka jenis jeruk dan kegunaanya.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan

Jeruk nipis (citrus aurantifolia)
Banyak digunakan airnya sebagai bumbu masakan atau campuran minuman. Aneka punch, shorbet dan cocktail terasa lebih segar dengan menambahkan air jeruk nipis. Warna kulitnya hijau mengkilat, daging buahnya putih kekuningan dan citarasanya sangat asam.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan
Jeruk Nipis
Jeruk Purut (kaffir lime)
Sosoknya unik dengan permukaan kulit berkerut, kandungan airnya sedikit sehingga orang menggunakan kulitnya untuk pengharum masakan. Aromanya harum dan dapat mengurangi bau amis pada olahan daging atau ikan.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan
Jeruk Purut
Jeruk Limau
Ukuranya lebih kecil dari jeruk nipis, aromanya harum dan citarasanya asam. Sangat cocok untuk olahan seafood maupun campuran aneka sambal.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan
Jeruk Limau
Lemon Cui
Penduduk Manado dan etnis Cina banyak memanfaatkan jeruk ini, mereka menggunakanya untuk campuran acar, sambal atau olahan seafood. Karakteristiknya, kulit buah hijau kekuningan, citarasanya asam dan banyak mengandung air.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan
Lemon cui
Lemon
Hampir menyerupai jeruk nipis namun warna kulit kuning mengkilat, bentuknya oval dan citarasanya asam. Lemon banyak digunakan pada masakan maupun minuman. Kulit buahnya sering kali untuk campuran cake, cookies maupun minuman segar agar aroma lebih harum.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan
Lemon
Kumquat
bentuknya mini dan sedikit mengandung air. Kulit buahnya tebal sehingga banyak dimanfaatkan untuk campuran masakan, pickle, preserved maupun marmalade.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan
Kumquat
Tangelo
Merupakan jeruk hibrida varietas baru. Citarasanya manis dan sedikit berair, kulit buahnya mudah dikupas dan bijinya sedikit, sangat cocok dijadikan buah meja.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan
Tangelo
Mandarin
Kulit buah mudah dikupas, citarasanya manis dan berair. Banyak dikonsumsi sebagai buah segar dan daging buahnya dikalengkan.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan
Mandarin
Grapefruit.
Ukuranya lebih besar dari jeruk mandarin. Kulitnya kuning mengkilat dengan daging buah kuning atau kemerahan. Sangat cocok untuk juice atau fruit comppote karena banyak mengandung air dan rasa asam dominan.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan
Grapefruit
Seville Orange
Kulit buahnya sangat sukar dikupas sehingga tidak cocok untuk buah meja. Citarasanya manis dan tanpa biji, banyak digunakan sebagai bahan baku selai, marmalade maupun jelly.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan
Seville Orange
Jeruk Bali
bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan pektinnya lebih banyak dibandingkan dengan jeruk jenis lain. Pektin inilah yang dipercaya mampu menurunkan kolesterol sekaligus mengurangi risiko sakit jantung.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan
Jeruk Bali

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan

Kandungan yang bermanfaat dari jeruk :
* Vitamin C
* Potassium
* Fosfor
* Kalsium
Manfaatnya :
Secara umum buah jeruk kaya vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang terkandung dalam jeruk manis, setiap 100 g terdapat kalori 51 kal, protein 0.9 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 11.4 g, mineral 0.5 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0.4 mg dan asam askorbat 49 mg.
Selain kaya gizi, zat kimia terkandung seperti bioflanid, minyak atsiri limonen, asam sitrat, linalin asetat dan fellandren dipercaya dapat menyembuhkan penyakit batuk, menurunkan demam, meningkatkan gairah seksual dan membuat suara merdu.
1. Batu Ginjal:
Beberapa penelitian terakhir menunjukkan bahwa jeruk nipis mempunyai manfaat mencegah kekambuhan batu ginjal, khususnya batu ginjal kalsium idiopatik. Menurut laporan tersebut, dengan mengkonsumsi jeruk nipis timbulnya batu ginjal bisa dicegah.
2. Batuk dan Influensa:
Penyakit ini terjadi karena menurunnya daya tahan tubuh sehingga kuman-kuman dapat dengan mudah berkembang dalam tubuh kita. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis sangat berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kuman-kuman patogen (kuman yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit) dapat dimatikan oleh tubuh.Biasanya orang menggunakannya dengan cara membelah buah jeruk nipis, kemudian permukaan belahannya diberi olesan kapur sirih. Lalu dipanaskan, sebelum akhirnya perasan airnya diminum bersama air jernih. Resep ini juga berguna sebagai pemaksa keluarnya dahak.
Campur 2 sdm air jeruk nipis, 1 sdm madu murni dan 2 tetes minyak kayu putih, aduk rata dan minum 2 hari sekali.
3. Ketegangan otot,tangan,kaki,dll:
Kandungan kalsium dan lisin dalam jeruk nipis dapat mempengaruhi kerja otot sehingga otot-otot menjadi lebih rileks. Digunakan dengan cara menggosokkan bagian yang pegal memakai perasan jeruk nipis ditambah dengan sedikit air. Atau dengan merendam bagian yang pegal di air perasan buah jeruk yang telah ditambah air hangat di dalam ember kecil.
4. Kecantikan kulit:
Kulit adalah pertahanan tubuh yang paling luar untuk mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh kita. Oleh karena itu kulit sangatlah penting dan harus dijaga agar tetap sehat, selain juga untuk kecantikan.Pada buah jeruk nipis ini, banyak terkandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stress, vitamin A untuk meningkatkan daya tahan kulit terhadap infeksi, air yang sangat dibutuhkan oleh tubuh mengingat 90% dari tubuh kita terdiri atas air, dan protein yang berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan ataupun memperbaharui jaringan yang sudah tua. Dan dengan kandungan zat-zat lainnya, jeruk nipis dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kulit sehingga membuat kulit nampak lebih bersih, segar, halus, putih dan pori-pori mengecil.Hal ini dapat dilakukan dengan cara meletakkan dan mengusapkan potongan buah jeruk nipis yang masih segar kepada kulit.
5. Menurunkan Demam
Kukus 5 buah jeruk nipis, potong dan ambil airnya. Campur dengan 1 sdt ragi tape dan 1 sdm bawang merah parut. Oleskan pada bagian dada dan perut.
6. Meningkatkan Gairah Seksual
Ambil 2 sdm air jeruk nipis, 1 kuning telur ayam kampung, ¼ sdt lada hitam dan 1 sdm madu murni. Aduk rata dan minum tiga hari sekali.
7. Suara Merdu
Siapkan 3 sdm air jeruk nipis, campur dengan ¼ sdt air kapur sirih. Minum campuran ini 2 minggu sekali.
8. Masalah sama berat badan
Cara Menggunakan Air Jeruk nipis Untuk Berat Badan :
Berikut adalah bagaimana Anda dapat membuat air minum jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Setelah Anda bangun tidur, minum segelas air jeruk nipis hangat dengan madu. Tidak hanya Anda akan merasa segar, tetapi juga akan membantu sistem pencernaan Anda. Jeruk nipis memiliki sejumlah serat pektin di dalamnya, yang membantu dalam asimilasi gula lebih cepat ke aliran darah.
Serat pektin ini juga membantu dalam mengurangi rasa lapar. Jadi secara tidak langsung membantu penurunan berat badan dengan mengurangi keinginan anda untuk makanan. Jadi, sebaiknya berusaha untuk membunuh rasa lapar dengan kopi atau teh, tapi dengan segelas air jeruk nipis. Hal ini dikombinasikan dengan efek detoksifikasinya, membuat konsumsi air jeruk nipis menjadi cara yang bagus untuk mengurangi berat badan.
Anda juga dapat menambahkan jeruk nipis dalam teh hijau. Kombinasi ini dikenal sangat efektif dalam membantu penurunan berat badan. Resep lain adalah minum teh setiap hari dan cuka sari apel, dicampur dengan jeruk nipis. Dikombinasikan dengan asupan air yang cukup pasti akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan lebih cepat.
Untuk semua orang-orang di luar sana, saya sarankan untuk menggunakan obat alami untuk menurunkan berat badan, yang sudah divalidasi oleh penelitian medis, yaitu obat yang terbuat dari alam.
Campur jus jeruk nipis dalam air untuk menurunkan berat badan, minum setiap hari. Cara ini sederhana jika disertai dengan olahraga teratur akan membantu Anda menurunkan berat badan. Ada banyak cara dimana Anda bisa menggunakan air jeruk untuk penurunan berat badan. Ada banyak resep air jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Cobalah untuk kesehatan anda dan mendapatkan berat badan ideal.
9.  anti kanker
10. menurunkan kolesterol
11. menyembuhkan sariawan dan gusi berdarah
12. menghancurkan batu empedu
13. memperbaiki sistem pencernaan
14. antioksidan
15. meyembuhkan sembelit dan sakit perut
16. menghilangkan kembung perut
17. merangsang nafsu makan
18. mematikan kuman – kuman atau cacing atau mikroba yang tidak berguna bagi tubuh di dalam usus
Dan masih banyak penyakit yang dapat diobati dengan jeruk nipis ini, seperti amandel, ambien, malaria, mimisan, sesak nafas, sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mules saat haid, dan perut mual. Juga dapat untuk membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok, membuat kuku bersih dan cemerlang, menghilangkan ketombe, mencegah rambut rontok, mengkilatkan kembali barang-barang yang terbuat dari kuningan serta logam lainnya dan sebagai penyedap masakan.
Tips memilih jeruk yang baik :
* jangan memilih buah jeruk yang beratnya dirasa ringan atau terlalu lembek / lunak
* pilih yang terlihat matang dan memiliki sedikit warna semu kuning
* sebaiknya pilihlah buah jeruk yang terasa padat, agak keras dan berat buahnya
sumber : google
semoga bermanfaat Manfaat Jeruk bagi Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar